Home » » MUSIK TEKNOLOGI KOMPUTER (MIDI)

MUSIK TEKNOLOGI KOMPUTER (MIDI)

Musik telah berubah porsi. Kalau dahulu musik jauh dari sentuhan elektronik komputer maka sekarang telah berbalik seratus delapan puluh derajat. Peralatan Musik MIDI sama sekali tidak menampilkan wajah musik akustik seperti gitar, piano dan sebagainya namun lebih mirip perabot sebuah ruang kontrol komputer penuh dengan keyboard alat musik dan monitor komputer. 

MIDI singkatan dari Musical Instrument Digital Interface yaitu sebuah "interface" yang menghubungkan sistem komputer dengan keyboard instrumen musik. Untuk membentuk sistem Musik MIDI diperlukan sebuah keyboard instrumen musik yang mempunyai penghubung MIDI sebuah CPU komputer sebuah monitor dan sebuah printer ( sebagai tambahan ). Dengan susunan lengkap seperti ini maka musisi sewaktu-waktu dapat merekam dan main ulang rekaman musiknya . Semua data lagu disimpan dalam format digital seperti ke media disket atau hard disk komputer. 

Menciptakan sebuah lagu baru sekarang bukan pekerjaan sulit. Sebab melalui layar monitor terperaga not balok yang disadap langsung dari permainan sang komponis. Di samping itu dengan bantuan program musik yang bisa menyajikan ratusan macam irama yang bisa dikombinasikan menurut selera musisi maka lagu Kroncong dan Dangdut dapat dibuat dengan bantuan komputer (MIDI). Penggantian suara instrumen musik seperti Drum, Bass, Piano, Gitar dan sebagainya dapat dilakukan hanya dengan jalan menekan mouse. Di dalam disket tersimpan data-data MIDI bunyi instrumen musik yang pernah dimainkan. Data-data MIDI ini dapat dicetak oleh printer melalui program musik yang ada. Jelas semua ini sangat membantu para pecinta musik. 

Sumber : www.pelopor.com

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus

Jangan takut untuk meninggalkan komentar anda, blog ini akan berkembang dengan komentar-komentar anda yang positif dan tanpa spam maupun link aktif.
Mohon maaf apabila terjadi keterlambatan balasan komentar.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS