Home » » PROSEDUR MASTERING DENGAN T-RACK

PROSEDUR MASTERING DENGAN T-RACK

Salah satu produsen software digital-musik yaitu IK Multi Media telah me-release satu software untuk mastering yang terkenal dengan sebutan IK Multi Media T-Rack (deluxe). Software ini telah dilengkapi dengan instrument-instrument canggih yang diperlukan pada saat proses mastering profesional seperti Linier Phase EQ, Opto/Classic Compressor serta Soft Clipper. Disamping ketiga instrument tersebut, sebenarnya masih terdapat beberapa instrument lain yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu pada saat melakukan proses mixing maupun mastering.

Pada postingan kali ini saya akan coba untuk sedikit menguraikan bagaimana cara menggunakan TRack ini dalam sebuah proses mastering layaknya seorang  Sound Engineer yang profesional, dan tentunya hanya akan menggunakan ketiga alat sebagai yang telah tersebut di atas.


Sebenarnya dan memang sebetulnya, proses mastering dengan mempergunakan T-Rack ini bukanlah satu-satunya cara-tehnik mastering musik/lagu. Ada tehnik-tehnik lain yang bisa diterapkan diantaranya dengan mempergunakan AMT (Analog Mastering Tools), dengan mempergunakan software UAD, dengan mempergunakan Wave-Lab Mastering dan lain-lain. Ibarat pepatah mengatakan 'banyak jalan menuju surga', oleh karenanya di dalam proses mastering ini tidak ada kata 'salah atau benar', tetapi memang ada kaidah-kaidah baku yang mesti dipahami  (dipahami dalam artian tidak harus diterapkan karena tergantung kepada situasi dan kondisi).

Pepatah mengatakan 'pentingnya persiapan' dalam segala hal, oleh karenanya, sebelum kita melakukan proses mastering dengan T-Rack ini, kita harus benar-benar yakin dan percaya diri bahwa hasil proses mixing kita sudah baik (relatif). Nah untuk itu ada tips dari  Rich the TweakMeister khusus tentang mixing itu sendiri.

Baiklah kita menuju kepada pokok bahasan kita yaitu Prosedur Mastering dengan T-Rack


Selamat berkarya dan semoga sukses ..... Salam.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan takut untuk meninggalkan komentar anda, blog ini akan berkembang dengan komentar-komentar anda yang positif dan tanpa spam maupun link aktif.
Mohon maaf apabila terjadi keterlambatan balasan komentar.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS