Home » » MUSIK DIGITAL : ALL FOR ONE

MUSIK DIGITAL : ALL FOR ONE

Musik Digital All for One adalah merupakan artikel yang sedikit membahas tentang pembuatan Musik Digital yang saya kerjakan seorang diri mulai dari proses recording, take vocal, mixing hingga masteringnya. Musik Digital All for One ini murni buah tangan atau buah karya sendiri dengan mencontoh lagu-lagu yang pernah nge-top di jamannya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menunjukkan kepada khalayak bahwa di era digital saat ini semua proses pembuatan musik atau sebuah lagu sangat mungkin untuk kita kerjakan sendiri. Lebih jauh lagi lewat artikel ini juga saya akan menunjukkan hasil praktis nya, jadi apa yang saya tulis dalam beberapa artikel terdahulu bukan sekedar teori belaka, namun hasilnya pun dapat dinikmati.

Berikut ini beberapa contoh hasil pembuatan Musik Digital yang telah saya lansir lewat Reverbnation.






Sekedar informasi singkat buat anda :

Lagu-lagu tersebut di atas saya buat dengan mempergunakan host Cubase.5 (produksi Steinberg) dengan beberapa VSTi tambahan yang berupa BFD_2 dan EZ Drummer (untuk drum), Trilogy (untuk bass), Real Guitar (untuk akustik gitar), Virtual Guitarist (untuk elektrik gitar), Hypersonic (untuk tambahan aksen-aksen), Sample Tank (untuk Piano dan Shyntesizer) dan Edirol Orchestra (untuk aksen orkestra pada beberapa lagu). Untuk recording vocal, saya mempergunakan Samson C-03 (Condensor Microphone), seluruh proses dikerjakan dengan bantuan Sound-Card M-Audio (Fast-Track). Selanjutnya untuk tahap mastering saya mengandalkan bantuan Wave-Lab (produksi Steinberg).

Dalam proses pre-mastering saya banyak terbantukan oleh plugin-plugin AMT (Analog Mastering Tools), PSP Vintage Warmer dan EMI TG. Ketiga plugin tersebut sangat membantu saya, terutama untuk mengangkat volume-volume vokal maupun instrument yang agak tenggelam serta untuk menampilkan karakter tube atau analog.

Jika anda menggunakan software IDM, maka anda dapat mendowloadnya secara langsung, sekian dan terima kasih, semoga dapat menghibur anda semua.

2 komentar:

  1. Sangat kreatip sekali sobat punya keahliana di bidang pembuatan musik dan lagu

    BalasHapus
  2. @ cik awi : Terima kasih atas apresiasi anda, salam kenal persahabatan

    BalasHapus

Jangan takut untuk meninggalkan komentar anda, blog ini akan berkembang dengan komentar-komentar anda yang positif dan tanpa spam maupun link aktif.
Mohon maaf apabila terjadi keterlambatan balasan komentar.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS