Home » » VISUAL MASTERING EQUALIZER PERTAMA DI DUNIA

VISUAL MASTERING EQUALIZER PERTAMA DI DUNIA

"Har Bal is a trully unique program, extremely affordable and probably the quickest and easiest way to balance your audio material." dan bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kira-kira akan menjadi seperti ini "Har-Bal adalah program (musik-digital.red) yang benar-benar unik, sangat terjangkau dan mungkin cara tercepat dan termudah untuk menyeimbangkan materi audio Anda." Inilah suatu bentuk tanggapan dari Ian Waugh, Majalah Musik Tech , Maret 2004.
Apa dan bagaimanakah visual mastering equalizer (yang dalam hal ini menjadi produk unggulan Har-Bal) itu sendiri  ?
Sebenarnya proses visual mastering yang ditawarkan oleh Har-Bal ini adalah merupakan serangkaian proses mastering dalam dunia musik digital atau digital musik yang didahului dengan proses analisa signal audio dari lagu/instrument yang telah berhasil kita record dan telah selesai pulalah proses  mixingnya  (atau fix-mixing)
Har-Bal adalah sebuah team kerja yang dipimpin oleh Earle, seorang yang berlatar belakang musik (dikenal cukup luas di kalangan seniman Negeri Paman Sam) dan juga seorang Insinyur Komputer Perdagangan yang cukup terkenal pula. Ia belajar musik (musik-digital.red) kepada Cannady Jimmy dari Cannady Studios, ia telah malang-melintang di dunia musik ini selama lebih dari dua puluh lima tahun serta pernah pula mengantongi penghargaan yang cukup bergengsi termasuk Music Award Atlanta Industri yang dikeluarkan oleh SOFRAS. Dia adalah otoritas terkemuka untuk bit dan byte (setup digital). Dia adalah seorang pembicara tamu rutin di studio-studio musik di seluruh Amerika Utara.
Dia telah merekam serta memproduksi lagunya untuk Atlanta Records dan pernah bekerja sama dalam sejumlah proyek musik dengan artis-artis Platinum seperti Public Enemy, B5, Tameko Starr (MCA Records Eropa), Kenny Bank, Tuere, Houseguest, Ayana, serta 4ize.
Pada tulisan  kali ini tidak akan membahas detil-detil tehnik mastering dalam dunia musik digital model Har Bal ini, tetapi saya akan memberikan sedikit modifikasi dari metode Har Bal itu sendiri dengan tidak menghilangkan tehnik-tehnik bakunya.
Baiklah, untuk menghemat waktu silahkan anda langsung mengunjungi TKP ...... !



3 komentar:

  1. Apa ada tehnik-tehnik yang lain ... ?

    BalasHapus
  2. Menggantikan peran analog mastering equalizer, mantap, salam.

    BalasHapus
  3. Yah, saya pernah dengar nama Har-Ball equalizer ini, salam kenal, kunjungi blog aku bila ada sempat waktu.

    BalasHapus

Jangan takut untuk meninggalkan komentar anda, blog ini akan berkembang dengan komentar-komentar anda yang positif dan tanpa spam maupun link aktif.
Mohon maaf apabila terjadi keterlambatan balasan komentar.

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS